Senin, 03 September 2012

Studi: Minum Es Teh Meningkatkan Resiko Batu Ginjal


Sebuah Penelitian dari Loyola University Medical Center menyebutkan jika Minum Es Teh dapat meningkatkan resiko Batu Ginjal.
Peneliti Mengatakan: Batu ginjal mempengaruhi sekitar 10 persen dari penduduk AS.
 
Es Teh di duga minuman yang memiliki kadar tinggi oksalat. Oksalat merupakan penyusun utama dari jenis batu ginjal (batu saluran kemih). Peneliti mengatakan: Es Teh memiliki kadar tinggi oksalat, yaitu zat kimia yang mengarah pada pembentukan kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang ditemukan dalam air seni. Meskipun kristal biasanya tidak berbahaya, para peneliti memperingatkan mereka dapat tumbuh cukup besar untuk menjadi bersarang di tabung kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.
Pria memiliki resiko lebih besar dari pada wanita. Biasanya usia 40 th ke atas bagi Pria dan bagi wanita pascamenopause dengan kadar estrogen yang rendah juga memiliki beresiko lebih besar.
Para peneliti menyarankan hindari makanan dengan kadar tinggi oksalat, seperti bayam, cokelat, dan kacang. Kurangi konsumsi garam, kurangi makan daging, dan dapatkan cukup kalsium untuk mengurangi jumlah oksalat diserap oleh tubuh. "Dr John Milner menambahkan, agar sebaiknya kita menukar minuman teh itu dengan air putih, atau bisa juga dengan mencampurkannya dengan lemon. "Lemon kaya kandungan citrates, yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal," kata Dr Milner.

Tapi Tenang saja Bukan berarti kita tidak bisa mengkonsumsi Es Teh lho.. asalkan kita mengkonsumsinya tidak setiap hari dan berlebihan ya fine-fine saja ^_^ 

Source:  http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/news/fullstory_128013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar