Selasa, 12 November 2013

Karnaval Gebyar Pesona Budaya Gondanglegi 2 Kabupaten Malang (East Java)

Gebyar budaya Gondanglegi merupakan sebuah even karnaval tahunan yang diselenggarakan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten malang di wilayah Gondanglegi . Gebyar budaya gondanglegi kali ini merupakan gebyar budaya ke2 setelah tahun lalu sukses dilakukan maka tahun ini diadakan kembali. Pada hari Senin 11 November 2013 pawai karnaval di mulai pukul 08.30 yang di buka oleh Bupati Malang, H Rendra Kresna start dimulai dari lapangan desa ketawang sampai finish di kecamatan Gondanglegi. Rute pawai di perkirakan berjarak kurang lebih dua kilometer.  Antusiasme peserta karnaval tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin yaitu sebanyak 61 pleton yang melibatkan 20 ribu peserta. Adapun tema-tema Karnaval yang di angkat sangat bervariasi mulai dari budaya lokal sampai mancanegara . Tema lokal seperti, Kerajaan Singasari, Hanoman, Petruk jadi ratu, Dayak, dll Sedang tema mancanegara yg di usung seperti, tema Yunani Kuno "The Legend of Serifos Kingdoms" dimana dewa-dewi yunani hidup berdampingan bersama manusia dan munculnya panglima perang pertama kerajaan serifos yang berhasil mengalahkan Medusa atas titah sang raja, Tema kedua Gladiator "Sang Pemburu Naga" , Tema ketiga Mesir dengan Cleopatranya, Keempat India "Mahabarata", Kelima Cina dengan "Cheng Ho". dan masih banyak lagi. 
So.. Lets brings Gondanglegi Beauty to the World.. Check this out...
TOPENG IRENG
Sang Pemburu Naga
Petruk Jadi Ratu

Persembahan Warga Letjend Panjaitan Gondanglegi Kulon dengan Mengangkat tema Yunani Kuno


 THE LEGEND OF SERIFOS KINGDOMS
The Crew and The Performers
Saat perform atraksi di depan juri
Suatu masa dimana dewa dewi hidup berdampingan bersama-sama dengan manusia, dimana pada masa itu muncul seorang warriors bernama Perseus yang merupakan pahlawan Yunani dari generasi awal. Aksi Heroik Perseus dimulai atas perintah raja Polidektes dari kerajaan Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. 
Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik dan merupakan salah satu wanita penjaga kuil milik Dewi Athena Namun suatu ketika ia diperkosa oleh Poseidon di dalam kuil Dewi Athena. Hal ini membuat Dewi Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.
Medusa dibunuh oleh Perseus dengan bantuan dari Athena dan Hermes, yang memberinya sandal bersayap, Helm gaib, pedang, dan perisai cermin, sehingga Perseus berhasil melaksanakan tugasnya. Perseus membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin agar Medusa tidak mengubahnya jadi batu lalu Perseus memenggal kepala Medusa. 
Me and my little brother Rizky as a Greek Goddess
Me as a Ares Goddess and Rizky as Hermes Goddess
Me as Ares Godess and Mbak Yayuk as Medusa
Me and Vivin as Aphrodite Goddess
Me and Nur as Witch (Penyihir)
salah satu sekutu Medusa ceritanya hehehe...
Me and Nuril as Greek Queen
Anik as Athena Goddess, Me and my little brother
Guest Star Teman-teman Galvin Gym as the Warriors
My Little Brother, Me, Nita as Dementer Goddess, Jesica & Zulva as Medusa Friends
Mr Gumbing as the warriors and Me
Selama ini saya hanya menyaksikan karnaval tanpa pernah terlibat di dalamnya, namun tahun ini untuk pertama kalinya saya mengikuti karnaval sekaligus di percaya untuk mendesain kostume untuk beberapa peserta karnaval wanita Panjaitan, selain itu saya juga di dapuk untuk menjadi Sutradara dalam drama atraksi yang akan di lombakan. Butuh waktu kurang lebih 2bulan bagi saya untuk menggarap konsep tersebut hingga benar2 terealisasikan mulai dari pemilihan karakter pemeran jalan cerita lagu yang akan di gunakan sebagai theme song sekaligus editing drama musical nya.. banyak pengalaman baru yang saya dapat dan alhamdulillah semuanya bisa berjalan dengan lancar walaupun masih banyak kekurangan di dalamnya. Semoga kedepannya akan menyuguhkan penampilan yang jauh lebih baik lagi dari sekarang. 


1 komentar:

  1. Keren gan,, oh iya gan, bisa mnta tlong tentang aksi teatrikal dri sumpah palapa itu kek gmna,,? Soalnya mau bkin acara 17 juga di kab malang. .. Mohon sumbangan idenya :D

    BalasHapus